Tentang Prodi Ekonomi Pembangunan

Program Studi (S-1) EKONOMI PEMBANGUNAN (EP) adalah salah satu Program Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Baturaja, di samping Program Studi (S-1) Manajemen dan Program Studi (S-1) Akuntansi. EKONOMI PEMBANGUNAN (EP) merupakan ilmu ekonomi murni yang menjadi landasan berkembangnya cabang-cabang ilmu ekonomi lain seperti manajemen dan akuntansi. Oleh karena itu, EKONOMI PEMBANGUNAN merupakan  ilmu murni (pure science) sedangkan manajemen dan akuntansi merupakan ilmu terapan (applicative science).

Program Studi EKONOMI PEMBANGUNAN ini memiliki konsentrasi ilmu yang berbeda dengan program studi manajemen atau akuntansi. EKONOMI PEMBANGUNAN mengajarkan kita untuk bagaimana mengetahui, mempelajari, serta menganalisis permasalahan-permasalahan ekonomi. Cakupannya pun lebih luas. Ini karena EKONOMI PEMBANGUNAN membahas perekonomian secara agregrat. Baik dari segi mikro maupun dari perspektif makro ekonomi. Baik pada tataran global maupun regional.

Sehingga jelas perbedaan EKONOMI PEMBANGUNAN dengan manajemen atau akuntansi adalah baik manajemen maupun akuntansi hanya mempelajari dan menganalisis perekonomian dalam lingkup yang lebih sempit (micro economy) seperti pemasaran, ongkos produksi, laporan L/R, biaya minimum, laba maksimal, audit keuangan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perekonomian Rumah Tangga atau Perusahaan. Sedangkan EKONOMI PEMBANGUNAN meliputi distribusi pendapatan, pendapatan nasional, pengangguran, jumlah penduduk, statistika, ekonomi internasional, ekonomi regional, otonomi daerah, hukum bisnis, moneter dan fiskal, serta muatan-muatan yang dipelajari dalam manajemen dan akuntansi itu sendiri.

Kompetensinya pun berbeda. EKONOMI PEMBANGUNAN mengarahkan setiap lulusannya agar mampu menganalisis lebih dalam tentang hal yang berkaitan dengan ekonomi. Program Studi EKONOMI PEMBANGUNAN merupakan program akademik dan profesional di bidang Ilmu Ekonomi,yang ditujukan untuk menghasilkan ilmu pengetahuan yang bermutu dan bermanfaat.

Dengan Memacu pada kebutuhan akan kajian ilmu ekonomi pembangunan di Indonesia pada umumnya dan Kawasan Regional Indonesia pada khususnya, maka kurikulum disusun dengan mengelaborasi kurikulum International, Kurikulum inti Nasional dengan tetap menyertakan kebutuhan lokal.

Kompetensi utama dalam kurikulum EKONOMI PEMBANGUNAN diarahkan pada pengembangan sumber daya manusia di bidang Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan secara profesional yang bertumpu pada pengembangan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara berkesinambungan.Tuntutan tersebut berkenan dengan proses pembangunan nasional dan regional yang membutuhkan kualitas lulusan yang lebih tinggi.

Lalu bagaimana dengan prospek kerjanya? Tidak perlu diragukan lagi, muatan-muatan mikro dan makro ekonomi yang tercakup dalam EKONOMI PEMBANGUNAN ini memberikan ilmu dan pengetahuan yang lebih luas bagi mahasiswa EKONOMI PEMBANGUNAN sebagai bekal untuk terjun di dunia kerja nanti. Oleh karena itu, selain perbankan, biasanya lulusan EKONOMI PEMBANGUNAN bisa masuk ke semua lini pekerjaan di bidang ekonomi. Tentunya semua itu kembali pada kompetensi masing-masing.

SALAM SUKSES!  

Tinggalkan Balasan